Rabu, 13 Juli 2011

RSJK Nirkabel Hotspot Area di SMP Negeri 1 Karanganyar


RSJK Nirkabel Hotspot Area di SMP Negeri 1 Karanganyar


A.    LATAR BELAKANG

Dewasa ini dunia pendidikan semakin maju, hal ini disebabkan oleh perkembangan teknologi yang semakin pesat di dunia  khususnya di Indonesia sendiri, salah satu contohnya adalah perkembangan teknologi komputer. Komputer sudah banyak digunakan khususnya dalam menangani tugas, pekerjaan, dan masalah-masalah manusia yang rumit, disamping itu komputer juga digunakan sebagai mesin penghitung, komputer juga dapat digunakan untuk mengolah suatu data baik itu berupa database, komputer juga dapat digunakan untuk media penyimpanan data dan masih banyak lagi dari kegunaan komputer apabila didukung dengan suatu software yang khusus digunakan untuk mengontrol client, mengolah baik berupa desain grafis maupun non desain grafis dan juga dapat digunakan untuk membuat software baru. Intinya perkembangan teknologi komputer sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dalam membantu, menangani masalah manusia secara baik dan efisien. 

Perkembangan teknologi itu sendiri telah memasuki berbagai bidang, khususnya dunia pendidikan dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Kebutuhan sekolah saat ini adalah internet, dan penggunaan hotspot merupakan salah satu solusi yang mungkin dapat mengurangi masalah dalam penggunaan internet, khususnya bagi para guru dan para staf sekolah. Namun hotspot dalam penggunaannya sangatlah rawan kejahatan, oleh karena itu kami sebagai pengmbang akan membuat hotspot area berdasarkan system security, yaitu dengan pembuatan hotspot microtic wap security. Dengan system ini tidak semua notebook atau netbook dapat menggunakan fasilitas hotspot dan lebih dulu harus mendaftar agar ip tercatat di server. Dengan demikian barulah mereka bias menggunakan hotspot.
Penggunaan hotspot juga akan dibatasi saat jam kerja, selain itu server akan dimatikan. Dengan demikian penggunaan dapat aman dan terbatas, juga dapat menghemat tagihan dari internet, dimana tim pengembang akan menggunakan fasilitas dari speedy unlimited. Untuk itu kami sebagai pengembang jaringan akan membuat sistem security pada SMP N 1 Karanganyar agar layanan hotspot tidak disalahgunakan oleh pihak – pihak yang tidak bertanggungjawab.
B.     TUJUAN
Dapat mengakses dunia internet lebih mudah dengan adanya wirelless router. Oleh karena itu diharapkan siswa-siswi, guru, serta staf karyawan dapat mengakses internet dilingkungan sekolah dengan lebih mudah.
C.     MANFAAT
Membantu siswa untuk mengakses internet dengan lebih mudah. Untuk para guru dapat  menggunakan fasilitas ini untuk menambah materi pengajaran dari internet (pengajaran berbasis internet), juga bagi tamu-tamu yang datang dapat mengakses internet juga untuk membantu mereka menjelaskan atau mendapatkan materi.
D.    TINJAUAN PUSTAKA
1.   Microtic OS
MikroTik RouterOS™, merupakan sistem operasi Linux base yang diperuntukkan sebagai network router. Didesain untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Administrasinya bisa dilakukan melalui Windows Application (WinBox). Selain itu instalasi dapat dilakukan pada Standard komputer PC (Personal Computer). PC yang akan dijadikan router mikrotik pun tidak memerlukan resource yang cukup besar untuk penggunaan standard, misalnya hanya sebagai gateway. Untuk keperluan beban yang besar (network yang kompleks, routing yang rumit) disarankan untuk mempertimbangkan pemilihan resource PC yang memadai.
2.   Hotspot
Menurut Kamus Komputer dan Teknologi Informasi , Hotspot adalah salah satu bentuk pemanfaatan teknologi Wireless LAN pada lokasi-lokasi public seperti taman, perpustakaan, restoran ataupun bandara. Ada beberapa jenis Hotspot yang biasa digunakan, yaitu :
a.       Hotspot gratis sebagai tambahan pelayanan umum biasanya dioperasikan di hotel, di lobby hotel, di conference room, di coffee shop, atau di cafe.
b.      Hotspot yang dibayar langsung ke pemilik gedung, biasanya di ruangan hotel, restoran, atau coffe shop.
c.       Hotspot berbayar ke operator WiFi Hotspot, misalnya Boingom iPASS.
Selain itu Hotspot juga dapat diartikan sebagai  lokasi dimana user dapat mengakses melalui mobile computer (seperti laptop atau PDA) tanpa mengguakan koneksi kabel dengan tujuan suatu jaringan seperti internet. Jaringan nirkabel menggunakan radio frekuensi untuk melakukan komunikasi antara perangkat komputer dengan akses point dimana pada dasarnya berupa penerima dua arah yang bekerja pada frekuensi 2.4 GHz (802.11b, 802.11g) dan 5.4 GHz (802.11a). Pada umumnya peralatan wifi hotspot menggunakan standarisasi IEEE 802.11b atau IEEE 802.11g dengan menggunakan beberapa level keamanan seperti WEP dan/atau WPA (http://id.wikipedia.org/wiki/ HOTSPOT)

E.     DESAIN ( RANCANGAN)
1)      Topologi Fisik


1)      Topologi Logic


Gambar 2. Topologi Instalasi jaringan Hotspot di SMP N 1 Karanganyar menggunakan
paket tracer 5.2

F.      ANGGARAN

1.      Hardware dan Software

Spesifikasi hardware yang akan digunakan:

No
Nama Hardware
Spesifikasi
Jumlah
Harga
Keterangan
1
Komputer Server
EXTRON NetSystem A100 (S343)

Xeon X3430, 2GB DDR3-1333 ECC, 500GB HDD SATA, DVD±RW, VGA 64MB, 2x GbE NIC, Tower Case (3-yr warranty)

1
Rp 6.911.000,-
Digunakan sebagai server
2
300Mbps Wireless-N Access Point TP-Link TL-A901N

AP, Multi-SSID, AP Client, Repeater (WDS/Universal ), AP+Bridge , 2.4 ~ 2.4835GHz  frequency range, 3x 4dBi Detachable, Omni directional antena
2
Rp 716.000,-
Digunakan sebagai pemancar sinyal hotspot
3
Kabel UTP
Cat 5 (305m)
1 Roll
Rp 950.000,-
Sebagai penghubung antara peralatan jaringan
4
Switch 24 Port
Allied Telesis at-724
2
Rp 663.797,-
Menghubung-
kan server dengan AP ataupun PC lain
5
Konektor PIN RJ45

2 Pack
Rp 100.000,-
Sebagai Konektor

Spesifi Software yang digunakan:
No
Nama Software
Harga
Keterangan
1
Windows Web Server 2008
Rp 4.150.500,-
Digunakan sebagai Windows Server
2
Microtic OS vendor Linux
RP 840.000,-
Sebagai Software Microtic
3
XAMPP dan MySQL
Gratis
Sebagai data server


2.      Installasi
Metode  penginstallan dan konfigurasi adalah menggunakan sebuah computer server, dua buah access point tipe WRT dengan kabel penghubung UTP dan konektor RJ-45 yang dihubungkan dengan dua switch 24 port dimana switch pertama diletakkan pada server yang menghubungkan antara computer server dengan access point di hall dan switch di ruang computer. Sedangkan switch yang kedua diletakkan di lab computer sebagai penghubung antara computer di lab dengan server dan access point yang di letakkan di pendopo sebagai area hotspot untuk siswa dalam mengakses internet.
Dalam konfigurasi IP Address yang akan kami gunakan adalah Kelas C yaitu dengan network antara 192 - 223.Oleh karena itu kami menkonfigurasikan alamat IP tersebut didalam proyek kami ini karena alamat unicast tersebut merupakan alamat yang digunakan untuk jaringan skala kecil , maka dari itu kami realisasikan sebagai berikut :
Server                                      : 192.168.10.150
                                                  255.255.255.0
Access Point (Hall)                 : 192.168.15.21
                                                  255.255.255.0
Access Point (Pendopo)          : 192.168.22.155
                                                  255.255.255.0
1.      Perancangan ( Implementasi )
Untuk mengimplementasikan pemasangan kami jabarkan sebagai berikut :
a.       Komputer yang dikonfigurasi sebagai gateway menggunakan Mikrotik
b.      Komputer server kami gunakan untuk menyimpan data dengan ApacheFriends XAMPP PHP Switch win32 Version 1.5  menggunakan database  MySql 5.1
c.       Access Point router menggunakan security WPA Personal
d.      Jaringan LAN yang digunakan yaitu 192.168.10.150/24
e.       Teknologi wireless yang digunakan adalah IEEE 802.11n IEEE 802.11g, IEEE 802.11b  

Dari uraian diatas, total anggaran yang didapat adalah Rp 23.000.000,-. Untuk diketahui bahwa anggaran tersebut sudah termasuk biaya operasional dan pemasangan.





DAFTAR PUSTAKA
www.Cieny.com/jual+microtic+OS+level+5+.. , diakses pada 13 Juli 2011
www.Bhinneka.com/microsoft_windows_web_server_2008__64bit_[retail].aspx.htm diakses pada 11 Juli 2011
www.Tokobagus.com , diakses pada 13 Juli 2011
www.Bhinneka.com/extron_netsystem_a100__(s343).aspx.htm , diakses pada 11 Juli 2011

0 komentar:

Posting Komentar